Wednesday 28 May 2014

Cara Servis Tv Cina Kena Petir

Cara Servis Tv Cina Kena Petir. Beberapa hari yang lalu kedatangan pelanggan dengan membawa tv china merek Asatron dengan keluhan tv mati total. Untuk cara dasar perbaikan tv mati total ini pernah saya tulis pada blog ini dengan judul Cara Mengatasi Tv Mati Total bagi yang belum membacanya silahkan baca terlebih dahulu sebagai langkah-langkah awal dalam perbaikannya, dan kasus serupa inipun pernah di share disini yaitu Cara Mengatasi Kerusakan TV Akibat Petir, walaupun kasusnya sama tapi kerusakannya berbeda makanya saya share kembali pengalaman yang sekarang saya temui.

Kita kembali pada akar permasalahan dan cerita dari pengalaman Cara Perbaikan Tv China Kena Petir ini. Hasil dari perbincangan dengan pemilik bahwasanya tv ini pernah saya servis sekitar setahunan yang lalu dengan kerusakan tv mati total. Sebelum saya bongkar saya coba nyalakan tv untuk melihat gejala kerusakannya dan ternyata tv mati dan lampu led indikator tidak menyala sama sekali, sepertinya kerusakan seperti ini terjadi pada blok power supply. Ternyata cepat amat nih tv sudah mengalami kerusakan lagi, apakah tv cina kurang berkualitas atau pekerjaanku yang memang kurang benar yah...?

Tenang dulu jangan buruk sangka, kita lanjut kembali pada obrolan dengan pemilik tv. Setelah ada sedikit perbincangan selanjutnya saya bongkar tv-nya dan bersihkan debunya sambil saya cek komponen apa saja yang rusak, dan perbincanganpun dilanjutkan.

Pemilik tv : "Apakah layarnya (tabung CRT) rusak gak?"
Saya : "Memangnya kenapa dengan layarnya?"
Pemilik tv : "Tv ini saat ditonton langsung mati karena terkena petir".
Saya : "Oh begitu ya pak?"
Pemilik tv : "Iya sura petir lumayan keras dan langsung tv mati, kira-kira tabungnya ikut rusak gak?"
Saya : "Biasanya kalau untuk tabungnya jarang sekali yang kena walaupun ada kemungkinan, saya belum pernah menemukan kerusakan tv akibat petir yang kena tabungnya, mudah-mudahan gak kena pak".
Pemilik tv : "Kalau rusak tabungnya jangan dulu diservis ... pasti mahal".
Saya : "Iya pak, semoga aja gak kena layarnya".
Pemilik tv : "Kalau nanti sudah beres tolong sms saja ke nomor ini 0857-XXXX-XXXX, saya pamit dulu".
Saya : "Siap pak".

Nah ternyata sekarang ini adalah kerusakan tv akibat terkena sambaran petir.

http://rifafaelectronic.blogspot.com/2014/05/cara-servis-tv-cina-kena-petir.html
Untuk pemeriksaannya saya awali dari rangkaian power supply atau istilah lainnya blok regulator, saya coba dengan menancapkan steker colokan listrik dan ukur pada tegangan B+ yang seharusnya sekitar 115 volt pada kaki positif elco 100µ.160V ternyata jarum avo meter tidak bergerak sama sekali alias tegangan 0 volt.

Selanjutnya saya cabut dan ukur transistor horizontal 3DD2102 ternyata baik-baik saja tidak mengalami kerusakan atau biasanya short. Pengukuran saya lanjutkan pada rangkaian regulator primer dengan sambil mencolokan steker listrik dan memeriksa tegangan pada elco tegangan tinggi yaitu 100µ.400V dan ternyata voltase disini normal sekitar 280V-300V DC berarti untuk transistor regulator tidak mengalami short atau rusak, selanjutnya pemeriksaan saya lanjut pada dua buah resistor 100K ohm yang terhubung dengan kaki positif elco tersebut dan ternyata tegangan atau voltase disini drop, kecurigaan saya pada R 100K tersebut yang putus, dan langsung dibongkar dan diukur yang ternyata R ini masih dalam keadaan waras atau normal.

Daripada pusing ukur sana ukur sini, saya bongkar dan ukur satu per satu komponen-komponen bagian regulator dan rangkaian optocoupler, dan ternyata didapati beberapa komponen yang mengalami kerusakan diantaranya N501 Ic optocoupler 817, V551 C1815, V511 A1015, V512 C2655, C565 470µ.25V, C559 470µ.35V, C928 220µ.16V.

Untuk transistor dengan nomor PCB V512 dengan type C2655 saya ganti dengan transistor C3807. Setelah penggantian komponen-komponen tersebut selanjutnya saya coba tes tanpa transistor Horizontal output 3DD2102 dan ternyata sekarang tegangan B+ sudah ada 112 Volt dan ini menandakan tegangan sudah normal. Selanjutnya adalah pemasangan Tr Horizontal, dan coba nyalakan lagi televisinya dan  akhirnya  tv pun menyala dengan normal tanpa ada kendala lagi.

Nah sekian dulu pengalaman tentang Cara mengatasi tv cina akibat petir ini semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian...

Bagaimana dengan pengalaman yang anda temukan saat kerusakan akibat tv kena petir ini apakah ada yang sama? 



Artikel lainnya:
  1. Gambar Tv Asatron Ada Bercak Horisontal
  2. Gambar Tv Jadi Berwarna Kuning
  3. Masalah saat Penggantian Flyback pada Tv Asatron
  4. Cara Mengatasi Kerusakan TV Akibat Petir
  5. Cara Mengatasi Tv Bergambar Pelangi
  6. Cara Mengatasi Tv Mati Total
  7. Terjadi Ledakan pada Tv saat di Nyalakan
  8. Tips Cara Mengatasi Tv Tidak ada Siaran

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.