Thursday 23 September 2010

Tester Remot Sederhana

Untuk anda yang suka ngutak-ngatik memperbaiki remot atau para montir elektronik tentunya memerlukan yang namanya Remote Tester  atau Tester Remot untuk memastikan apakah remot yang kita perbaiki sudah baik atau belum, dan untuk mengetesnya bisa saja kita menggunakan Remot Tester yang ada di pasaran yang di jual di toko elektronik, atau memanfaatkan kamera ponsel kita untuk melihat cahaya infra merah yang di pancarkan remot, tapi dengan kamera ponsel mengetesnya harus agak dekat dan kita kurang tahu apakah remot berfungsi bila digunakan dengan jarak jauh atau tidak.

Nah disini saya akan berbagi suatu rangkaian hasil uji coba sendiri yaitu Tester Remot Sederhana yang akurat untuk remot dengan sistem infra merah, seperti tampak di bawah ini.

Dan rangkaian tester remot ini sudah bertahun-tahun saya gunakan untuk mengetes dan memperbaiki remot dengan hasil yang sangat akurat, dan bisa digunakan untuk mengetes dengan jarak lebih dari 10 meter.

Rangkaian utama ini hanya 3 buah komponen saja, diantaranya:
  • Sebuah sensor remot
  • Resistor 100 ohm 1/4 watt
  • Sebuah led, sebagai indikator.
  • Dengan tegangan V+ antara 4,5volt sampai 5volt, bisa juga menggunakan baterai ( kebetulan saya menggunakan sebuah adaftor bekas dengan V+ 4,5volt 1Amp, seperti pada gambar di bawah).
 Untuk V+ atau tegangan silahkan modifikasi sendiri.




Cara menggunakannya yaitu kita tinggal mengarahkan remot tepat ke sensornya sambil menekan tombol remot dari jarak dekat ataupun jarak jauh supaya kita mengetahui apakah remot berfungsi dengan baik dari jarak jauh atau tidak? Dan bila lampu led menyala berarti remot berfungsi dengan baik.

Sekian, mudah-mudahan bermanfaat.....

Kalau postingan ini bermanfaat silahkan isi form komentar...

14 comments:

  1. Dery07:30

    Rangkaian yang sangat simpel nih, aku coba yah?
    thank's.

    ReplyDelete
  2. silahkan di coba...

    terimakasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. saya juga dah bikin g pake resistor 100 ohm di langsung aja. cuma hasil nya ga akurat kadang saya tmukan pada tester konek pda tv nya nda konek.apa dri krna g pake R?

    ReplyDelete
  4. coba aja pa dipasang R-nya, tapi memang saya juga pernah mengalami seperti itu, dan ternyata kerusakannya terletak pada elco di remotnya.

    ReplyDelete
  5. Info yang sangat bermanfaat pak. Coba ditambah rincian harga komponen mungkin jadi lebih mantab informasinya untuk yang awam seperti saya. Terima Kasih

    ReplyDelete
  6. Gan kalo remot dvd yg lamp IR hdup terus apny yg rusak y.wakt ku tes pake kamera...dah sy brshkan tp mash aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada yang short. Coba saja lepaskan dulu karet tombolnya apakah masih tetap nyala?

      Delete
  7. wow.. inovasi Elektronik yang sangat berharga sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. menghemat biaya aja gan daripada harus beli yang udah jadi...

      Delete
  8. Anonymous06:50

    Mau tax nih, pengertian dr rangkaian tester itu sendiri apa sih?

    ReplyDelete
  9. IR itu apa yaa tlg infokan maaf baru belajar elektronik terus sensor remot apa

    ReplyDelete
  10. MANTAB GAN POSTINGANNYA, SEMANGAT untuk posting yang bermanfaat ya, ini saya bantu klik ads agan, klikback ya, nuwun My Blog for ads
    → Lihat Infonya -> Cek disini
    Tempat Belanjanya Orang2 Terkaya, ya jelas disini tersedia perhiasan mewah mutiara, kain batik ratusan ribu, perabot2 mewah,JAM TANGAN dan aksesoris kereennn, joss markojoss

    → Lihat Infonya -> Cek disini

    ReplyDelete
  11. Anonymous22:40

    beruntung aku baca artikel ini.... tapi gimana aku memulai.... aku orang awam yg gak tahu elektro...ok lah aku akan mulai tanya ke toko elektro.... makasih ya...sangat bermanfaat

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.