Saturday 15 January 2011

Polytron 3 in 1 Lambat Menyala/Start

Kemarin dapat servisan tv Polytron 3 in 1 (123) dengan type PN 14123M miliknya tetangga dengan kerusakan tv mati dan lambat menyala/start.
Kerusakan yang sudah menjadi kebiasaan atau umum pada tv merk Polytron dengan kerusakan seperti ini, mungkin untuk rekan-rekan yang sudah terbiasa menemukan kerusakan seperti ini sudah dapat mengira kerusakannya , paling-paling dari kerusakan elco 10µF.63volt, perkiraanku juga sama begitu....

Langsung saja saya bongkar dan membersihkan debu-debunya yang menempel dan menutupi komponen tv, setelah terlihat dengan jelas baru ingat nih tv sudah pernah saya perbaiki baru 4 tahunan kebelakang tepatnya tahun 2006 silam, dengan kerusakan tv lambat star dan tv dalam keadaan standby.

Dengan rasa percaya diri dan keyakinan yang tinggi saya pun langsung cabut elco 10µF.63volt (mungkin elco ini lagi yang rusak) dan menggantinya dengan yang baru, kemudian dicoba dinyalakan ternyata tv tidak ada reaksi sama sekali alias tetap ga mau hidup, setelah diperhatikan dengan mengamati lampu standby, ternyata lampu standby menyala hanya sebentar saja seperti tv dalam keadaan normal.

http://rifafaelectronic.blogspot.com/2011/01/polytron-3-in-1-lambat-menyalastart.html

Sambil berpikir saya pun coba cek tegangan B+ nya ternyata voltase disini hanya 70volt dan menaik sedikit-sedikit sampai tegangan normal 115volt dan tv pun menyala tapi itu dibutuhkan waktu yang cukup lama, setelah di cek kesana kemari akhirnya ditemukan juga biang kerok dari kerusakan ini dengan mengganti C505 yaitu elco 1000µF.25volt seperti yang tampak pada gambar diatas, dan setelah saya coba nyalakan ternyata tv pun langsung menyala dengan agresif alias normal langsung start.....

Nah, itu dulu pengalaman dari saya semoga bermanfaat....

Artikel terkait :


16 comments:

  1. dapat tegangan apa itu elko kang?

    ReplyDelete
  2. Iya nih kang Nugroho... baru kali ini saya nemukan kerusakan dari elco yang menghasilkan tegangan 14V ini.

    ReplyDelete
  3. Pada Polytron PN 14123M ini Jadi inget kopi 3 in 1 ^^ .... salam kenal Bro.

    ReplyDelete
  4. setuju gan..... ternyata banyak kerusakan yang sama tapi penyebabnya ber beda2....

    ReplyDelete
  5. sama plek sama aq kang. Q jg sempat ngmg sama yg punya 'ga lama pak ini p123 biasa elconya 50 v, ditunggu aja gaada 15 menit'
    dengan senyum sambil canda q ganti dan setelah q nyalakan gaada reaksi. Jd agak malu
    trus tak bolak-balik q lihat2 elco 1000m emang agak ngelupas setelah q coba ganti elconya alhamduillah langsung jadi walaupun 35 menit
    malu sambil cari alasan lain yang agak sulit dipahami ckakakaka

    ReplyDelete
  6. Mas sy mau tanya Service TV Polytron XBR LiSiDi Saya Terkena Petir,,, Kemungkinan Arus petir Lewat RCA Kabel DVD...
    Mohon bantuan nya....Makasi

    ReplyDelete
  7. MALEM MAS. LAM KNAL.AKU MO NANYA IC REGULATOR MRK TV SAAB ITU NO SRI BERAPA YAH..............?

    ReplyDelete
  8. Mau naya gan tv saya merk TCL montor mati tpi lampu stanbay nyala kira2 apa yg rusak trimakasih mohon bantuan'y

    ReplyDelete
  9. coba di cek transistor horizontal dan sekitar flybacknya gan kemungkinan ada yang short.

    ReplyDelete
  10. malem gan,mo minta tolong neh,saya punya tv cina,sekarang kondisinya saat dinyalakan mesti nunggu 20 menitan,baru timbul gambarnya,waktu mulai dinyalakan lampu stanby berkedip,mohon pencerahannya...thanks

    ReplyDelete
  11. cek elko2 yang ada di regulator gan, mungkin udah ada yg kering

    ReplyDelete
  12. Elko pada Tegangan untuk suply apa bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. elko untuk supply 5 volt ke ic program gan..,

      Delete
  13. met malam Mas bros...Salam kenal dari saya..coba2 mau taya nie tentang Tv polytron 3 in 1 sy ko gak mau trima chanel banyak yaaa.....cuman bisa terima siaran Tv cable 4 chanel aja Mas...tolong Info ya Mas Bros. Makasi sebelum nya..

    ReplyDelete
  14. mkcihhhhhhhhh kang

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.