Thursday 9 September 2010

Tips Cara Mengatasi Tv Tidak ada Siaran

Sekarang saya akan memberikan tips cara mengatasi tv tidak ada siaran, berhubung pengalaman saya kemarin, beberapa hari kebelakang saya menerima tv 21' merk Mitochiba Bomba untuk diservis dengan kerusakan mati total, dan saya pun langsung bongkar dan periksa komponen apa saja yang rusak, dan setelah ketemu kerusakannya langsung saya ganti komponen yang rusak tersebut dan akhirnya tv pun langsung menyala normal, terus saya tes tv-nya, sampai nginap tv-nya dirumah saya.

Keesokan harinya, yang punya nelpon minta dianterin tv itu kerumahnya, dan akhirnya diantarkan ke rumah yang punya, karena alasan dari yang punya tv perangkat antena-nya  belum siap karena mesti pakai antena booster dan belum membelinya, dan tv tidak langsung dicoba. Karena sudah yakin tvnya normal, akhirnya dapat bayaran deh....

Beberapa hari kemudian, tepatnya hari kemarin  yang punya tv tersebut nelpon bahwa tv-nya tidak ada siaran. Aduuh... pasti ini ada kesalahan pemasangan antena karena tv tersebut sudah saya coba lama di rumah, singkatnya saya langsung meluncur ke TKP, langsung keluarin obeng dan teman-temannya.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatasinya :

Pertama saya nyalakan tv-nya, kemudian saya lakukan pemograman dengan cara menekan tombol Menu, cari menu Preset, setelah ketemu cari sub menu Auto Search atau Auto tuning dengan menekan  tombol Chanel+ atau Chanel- sampai mengarah pada Auto Search tersebut, kemudian tekan tombol Volume+, dan tv pun otmatis mencari siarannya.

Dan ternyata tidak ada siaran sama sekali, saya coba periksa kabel antenanya kalau-kalau ada yang putus, atau mungkin kabel yang usianya sudah lama, dan saya lihat kabel antenanya sudah agak retak-retak, akhirnya saya naik ke genting dengan yang punya, dan saya lihat ternyata kabel dari antena masuk kebagian VHF dan seharusnya ke UHF pada antena boosternya. Periksa antena ternyata sudah pada berkarat pada baud-baudnya, untuk mudahnya saya semprot pakai..XX (tidak saya sebutkan) untuk menghilangkan karat tersebut, sambil menunggu karatnya hilang saya cek kembali kabelnya dengan Avo meter, ternyata kabelnya juga putus dan langsung saja ganti yang baru, kemudian sambungkan kabel ke antena booster bagian out dan yang satu lagi ke trafo antena booster yang ada dekat tv,nah kalau untuk yang tidak pakai antena booster langsung saja dari antena sambung ke tv kemudian nyalakan lagi tvnya dan lakukan pemograman seperti tadi. Dan akhirnya tv pun ada siarannya.

Kalau anda mencoba hal seperti diatas belum juga berhasil, berarti ada kerusakan pada tv anda, biasanya terletak pada kerusakan tunernya yang sudah mesti diganti.

Sekian. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.....

10 comments:

  1. Tips yang bagus, bermanfaat. Terima kasih.

    Selamat Idul Fitri..

    ReplyDelete
  2. Trimakasih atas kunjungannya....


    Selamat hari raya Idul Fitri juga....

    ReplyDelete
  3. Anonymous23:32

    Sori Boss......, saya ada sedikit masalah sama pasien ku, tuner dah saya coba ganti yang baru, tapi masih sama ga dpt siaran,tegangan untuk tuner menurut saya dah normal semua, kira2 apanya yah....? TV ICHIKO 21" makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. Banyak kemungkinan dari kerusakan tidak adanya siaran ini,
    coba ditelusuri/dicek resistor,transistor yang menuju tuner barangkali ada yang rusak.
    Pastikan tegangan pada tuner benar2 bekerja dengan cara tv di tuning sambil diukur tegangan pada VT Tuner apakah naik atau tidak, bila bekerja atau tegangan naik seirama dengan tuning yang dilakukan, kemungkinan yang sering saya alami adalah dari kerusakan IC penguatnya,biasanya LA76810/18 nya.

    semoga membantu.....

    ReplyDelete
  5. bener juga bos kemarin q juga mengalami service serupa tapi pada kasusnya tuner tegangan normal semua kecuali tegangan pada vt nya cuman R nya yang putus setelah di ganti keluar tuh siaran

    ReplyDelete
  6. Wah...bagus banget tips na...
    Mkch pak... ^_^

    ReplyDelete
  7. Siang mas bos ane minta bantuannya donk..tv ane sanken simfony 21 udah cb searh ber ulang ulang tetep g ada suaran yg nyangkut,kira2 apanya yg perlu di ganti?sebelumnya trimakasi buat infonya.salam sukses mas bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi pada bagian Tuner atau eprom bermasalah

      Delete
  8. knapa ya gak nangkAP siaranya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih ats informasinya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.