Wednesday 2 April 2014

Tv Sony Gambar Tipis dan Bergaris

Beberapa hari kebelakang datang pasien ke rumah yaitu televisi sony 21 inchi dengan kerusakan pada gambar yang tipis hampir tidak terlihat disertai ada garis-garis horizontal putih seperti gambar klise dan blanking, cuman garisnya kecil-kecil sedangkan suara normal tidak ada kendala.

Setelah berbincang-bincang dengan pemiliknya yang akhirnya tv di tinggal di rumah saya untuk ngantri di servis nunggu giliran, berhubung di rumah masih ada beberapa antrian tv yang belum selesai diperbaiki.

http://rifafaelectronic.blogspot.com/2014/04/tv-sony-gambar-tipis-dan-bergaris.html
Tv Sony Trinitron
Keesokan harinya sampai pada giliran tv ini untuk diperbaiki, langsung saya bongkar, bersihkan debu-debu yang menempel pada mainboard, seperti biasa saya lakukan pengecekan secara visual dan ternyata ada seekor cicak yang sudah mati dan kering di bawah mesin tv, langsung saja saya buang cicaknya bukan tvnya tentunya.....

Setelah di rasa pengecekan dengan melalui penglihatan ke semua komponen dan ternyata tidak ada komponen yang gosong atau mencurigakan, selanjutnya langsung saja saya colokan steker untuk mencoba nyalakan tv dan memeriksa bagian RGB karena bagian inilah yang biasanya menyebabkan kerusakan seperti itu yaitu Tv dengan Kerusakan Gambar Tipis disertai Garis-garis Horizontal, yang pertama saya cek degan Avo meter dengan selektor ke 300volt, dan ternyata tegangan disini ada alias normal, selanjutnya saya cek tegangan 12volt pun ternyata normal, saya coba cek mengukur elko dengan ESR meter dan di temukan elco yang berukuran 10.50volt pada jalur G1 dan 22.250volt untuk tegangan 200volt untuk mensupply RGB dalam keadaan kering dan coba ganti baru, hasilnya ternyata tetap sama .... wah gimana lagi, pikir-pikir akhirnya punya kesimpulan untuk mengukur semua komponen yang ada pada blok RGB dan hasilnyapun tetap sama semua normal, ya udah mungkin bagian ini normal dan kerusakan bukan dari sini.

Setelah di rasa pada blok RGB atau matrik dalam keadaan baik dan sudah normal, selanjutnya sambil iseng-iseng saya gunakan ESR meter untuk mengukur-ngukur elko pada bagian Regulator / Power Supply Sekunder dan ternyata ditemukan ada beberapa elco yang udah kering diantaranya ukuran 100.160volt saya ganti dengan ukuran 220.160volt biar lebih stabil, setelah penggantian selesai saya coba nyalakan tv dan lihat ke depan layar tv dan byaaar.... Televisi sekarang gambarnya jadi normal.
Alhamdulillah....


Baca juga :

2 comments:

  1. Salam Hangat dari kami mukena dan Pembicara Internet Marketing serta Parfum FM lalu toa

    Sangat berharap, semoga web ini menjadi web yang terdepan dalam menyajikan informasi yang mencerahkan. Salam Hangat dari kami Pembicara Internet Marketing

    ReplyDelete
  2. trimakasih pak atas doanya. Tapi mohon maaf link aktifnya saya hapus...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.