Wednesday 9 April 2014

Modifikasi Power supply Tv LG STR S5707

Modifikasi Power supply Tv STR S5707 dan STR S6707. Beberapa hari kebelakang dapat servisan tv jadul merk LG dengan model CA-14A32 dengan kerusakan tv mati total, dan sambil membongkar tv saya ngobrol-ngobrol dengan pemilik tv tersebut yang katanya tv ini dimatikan oleh pemilik pada saat sebelum hujan karena ditakutkan tv kena petir dan setelah hujan reda dan menyalakan tv ternyata tv tidak mau hidup alias tv matot. Setelah saya perhatikan dan saya periksa ternyata STR S5707 dalam keadaan short, saya coba cari di tempat penyimpanan sparepart dan mesin tv bekas ternyata tidak ada, setelah beberapa lama pemilik pun pamit dan meninggalkan tv ditempat saya berhubung STR harus beli dulu. Saya lanjutkan pemeriksaan tvnya siapa tau masih ada lagi komponen yang rusak, dan ternyata masih banyak ditemukan          elko yang sudah kering dan beberapa komponen lainnya seperti resistor.

Berhubung tidak ada STR S5707 tersebut saya langsung berangkat untuk membeli berikut sparepart untuk tv lainnya, alhasil STR tersebut tidak saya temukan di toko penjual sparepart langganan dan jikapun ada harganya cukup mahal, akhirnya pulang saja sambil berpikir cara untuk menyelamatkan tv LG tersebut apakah regulator tv akan saya ganti dengan Power Supply Gacun atau regulator TV bisa di modifikasi?

Akhirnya saya putuskan untuk memodifikasi saja regulator tv STR S5707 dengan transistor regulator.

CARA MODIFIKASI STR S5707 DAN 6707
STR S5707 dan STR S6707
 Untuk langkah-langkahnya adalah seperti berikut:
  • Siapkan Transistor Regulator seperti D2498, C5299 atau yang lainnya.
  • Potong kaki STR pada Pin 1 dan 3
  • Sambung kaki Transistor Regulator dengan kabel, kaki Basis sambungkan ke jalur PCB bekas kaki no 3 pin STR
  • Sambung kaki Kolektor ke jalur PCB bekas kaki no 1 pin STR
  • Sambung kaki Emitor ke kaki STR no 2 atau Ground.
  • Tempel dan baud transistor yang sudah disambung ke STR S5707 atau STR S6707 tersebut ke pendingin.
Modifikasi Power supply Tv LG STR S5707
  • Selesai

Tapi sebelum memodifikasinya pastikan dulu apakah STR pada kaki Drive(lihat gambar skema diatas) mengeluarkan tegangan berdenyut atau tidak? bila ya berarti bisa dimodifikasi, jika tidak berarti STR harus diganti dan jangan di modif.

Sekian Cara Modifikasi Power supply Tv LG STR S5707 atau STR S6707 semoga bisa membantu.


Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.