Thursday 27 March 2014

Tv Polytron u-Slim Mati Total

Pada kesempatan ini ndenservis.com ingin berbagi pengalaman Tv Polytron u-Slim mati total dengan Type PS 52UV03 yang datang beberapa hari kemarin ke rumah, dimana tv ini datang dengan keadaan mati total atau matot, dan kata pemiliknya saat tv ini sedang di tonton tv tiba-tiba mati dan keluar kepulan asap.

Singkat cerita saya buka tvnya dan seperti biasa saya bersihkan debu-debu yang ada pada mesin tv nya, setelah selesai saya lanjutkan ke proses pemeriksaan ke TKP dengan perangkat yang sudah biasa digunakan yaitu AVO meter.
Penelusuran pertama saya cek dulu secara visualisasi dan ternyata sikring putus, dan terlihat ada yang gosong yaitu sebuah lilitan pada inti ferit seperti trafo kecil yang sampai sekarang saya belum tahu namanya..... dan lilitan ini langsung saja saya bongkar.


http://rifafaelectronic.blogspot.com/2014/03/tv-polytron-u-slim-mati-total.html

Pengecekan selanjutnya yaitu saya gunakan avo meter untuk mengukur transistor FET dengan seri FQPF 7N65C pada blok POWER SUPPLY atau REGULATOR tv Polytron u-slim mati total ini yang ternyata memang short, selanjutnya pengecekan pada semua komponen seperti dioda, zeneran, resistor, kapasitor dan transistor yang ada pada blok regulator dan semuanya ternyata baik-baik saja.

Setelah pengecekan pada komponen Power supply dengan Avo meter dirasa cukup selanjutnya pengetesanpun saya lanjut ke transistor Horizontal dan ternyata masih dalam keadaan baik.
Kembali lagi pemeriksaan dengan menggunakan ESR meter yaitu untuk mengukur Elco tegangan tinggi pada blok regulator yang berukuran 220.400volt dan ternyata jarum ESR meter tidak bergerak sama sekali yang berarti elko ini dalam keadaan mati atau rusak. Setelah di temukan komponen-komponen yang rusak tersebut langsung saja semuanya saya ganti dengan yang baru, dan saya coba tes dengan mencolokan steker dan terlihat lampu led menyala yang menandakan tegangan sudah ada dari power supply.
Saya coba tekan tombol Program+ ternyata lampu tetap menyala stanby yang seharusnya lampu padam, berarti masih ada kerusakan part yang belum ditemukan.

Singkatnya dari hasil penelusuran dan pengecekan dengan menggunakan Avo meter dan ESR meter ternyata ada beberapa elco yang masih rusak yang berada pada regulator bagian sekunder, setelah dirasa tidak ada lagi kerusakan saya ganti elko-elko tersebut dengan yang baru. Dan saya coba tes dengan menyalakan tv, dan ternyata lampu stanby nyala sebentar kemudian mati dan akhirnya tvpun menyala dengan sempurna.

Nah inilah pengalaman dari Tv Polytron u-Slim Mati Total yang saya temukan, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua....


Artikel terkait:

1 comment:

  1. regulator tv cina saya konslet klo di hidup kan listrik langsung don,dan saya ganti tr nya dgn yg baru,tpi masih tetap konslet.padahal kompnen yg lain dah oke.

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.