Friday 14 March 2014

Tv Polytron Over Voltage

Postingan kali ini ndenservis.com ingin berbagi pengalaman yaitu Tv Polyton Over Voltage atau over tegangan dimana tv ini sebenarnya dengan merk Polytron 20 inch tapi mesin sudah diganti dengan Mesin Tv China untuk CRT yang berukuran 29 inch.

Kata yang punya ini tv, saat tv ini ditonton terdengar suara ledakan 2 kali dari dalam televisi yang sangat mengagetkan dan tv langsung mati total kemudian langsung mematikan tv pada saat itu juga. Setelah saya perhatikan ternyata memang benar ada elco yang meletus yang berukuran 100.160 volt sebanyak dua buah, selanjutnya saya cabut elko tersebut dan menggantinya dengan yang baru, tapi tidak langsung saya coba karena dengan meletusnya elco tersebut berarti tegangan B+ pada elko tersebut melebihi batas kemampuan tegangan elko yaitu 160 volt. Dengan tegangan B+ naik seperti itu kerusakan yang biasa dialami pada sebuah pesawat televisi biasanya terletak atau bersumber dari rangkaian optocoupler.

Dengan berkesimpulan seperti itu maka pencarian kerusakan pun dilanjutkan ke rangkaian optocoupler dan didapati Resistor yang berukuran 100K putus, nah ini mungkin penyebabnya yang menjadikan elko terkapar karena tegangannya over, selanjutnya saya coba dengan mengganti Resistor tersebut dan memutuskan jalur B+ yang menuju ke Flyback (FBT) dengan cara mencabut Resistor Fuse berukuran 1 ohm 1 watt, setelah jalur tersebut terputus kemudian saya coba tes colokan steker sesaat sambil mengukur tegangan B+ menggunakan Avo meter, dan alangkah terkejutnya karena tegangan B+ terukur lebih dari 200 volt, dan langsung saya cabut lagi stekernya karena kalau kelamaan elco bisa meletus lagi.

Pemeriksaan pun terus berlanjut ke komponen lainnya pada blok optocoupler dan ternyata tidak ditemukan satu pun komponen yang mencurigakan atau rusak, yah daripada bingung saya ganti saja semua komponen tersebut diantaranya R150k, R47K, R5K6, Tr C1815, Tr A1015, Ic 817, dan dioda zener. Setelah penggantian saya coba lagi colokan steker untuk mengetes tegangan B+ dan ternyata teganganpun sekarang semua jadi normal.

Setelah masalah tersebut selesai baru ingat nih... Transistor horizontal belum diukur apakah ikut short atau tidak? Dan saya ukur ternyata Tr inipun ikut tewas terkapar karena tidak kuat menahan tegangan sebesar itu mungkin, langsung saja saya ganti dan coba nyalakan tv, dan ternyata gambar muncul tapi suara bisu walaupun Volume sudah dibesarkan, pikirpun langsung saja tertuju pada IC audio yang berseri AN17821A dan saya ganti dengan AN17831A karena kebetulan stok AN17821A sedang kosong, setelah penggantian IC tersebut langsung saya coba nyalakan lagi televisinya dan ternyata audio/suara sekarang muncul tanpa kendala. Alhamdulillah akhirnya selesai juga Tv Polytron dengan Mesin China Over Tegangan ini.

Sekian, semoga bermanfaat.....


Artikel terkait :

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.