Wednesday 1 May 2013

Vcd Polytron tidak Keluar Gambar

Assalamualaikum...

Pada hari kemarin pagi dapat servisan Vcd merk Polytron kepunyaan adik ipar dengan kerusakan tidak keluar gambar/video, sedangkan untuk suara/audio normal-normal saja, jadi hanya bisa digunakan untuk mendengarkan musik saja pakai speaker aktif sedangkan orang yang joget-jogetnya ga kelihatan.

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka tutup body-nya kemudian membersihkan debu-debu yang menempel, setelah dirasa cukup bersih saya coba nyalakan sambil mengukur dengan avo meter pada bagian video out dengan ground yang ternyata tidak menunjukan angka sedikitpun pada jarum avo meter, sedangkan bila pada kondisi normal seharusnya jarum avo meter bergerak mendekati angka 1 volt DC atau AC (menurut pengalaman saja). Langkah selanjutnya saya coba ukur lagi dengan avo pada skala x10 ohm dan ternyata jarum avo meter bergerak cepat menunjukan angka 0, ini berarti ada komponen yang short pada bagian video Mpeg vcd ini, telusur demi telusur ternyata terdapat sebuah dioda yang short yang berada di bawah sebuah ic cmos flash memory yang menggunakan soket, langsung lepas saja dioda tersebut dan coba lagi nyalakan vcdnya dan ternyata videopun masih tetap tidak keluar.

http://rifafaelectronic.blogspot.com/2013/05/vcd-polytron-tidak-keluar-gambar.html


Nah setelah lama merenung saya berkesimpulan bahwa yang rusaknya adalah ic videonya dengan nomor seri ES3207FP, saya coba cari icnya ternyata masih punya satu lagi. Langkah berikutnya adalah melepaskan dan mengganti ic tersebut dengan menggunakan Hot air atau solder uap, setelah penggantian selesai saya coba nyalakan vcdnya dan Alhamdulillah ternyata sukses.... audio dan video jadi normal.


Sekian, semoga saja postingan ini bermanfaat.....!

Baca juga :

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.