Sunday 9 March 2014

Polytron Tidak Keluar Warna

Selamat malam semuanya....

Kali ini ndenservis.com akan menuliskan sebuah pengalaman minggu lalu dalam menemukan kasus hirupikuk dari kerusakan televisi dimana tv ini datang dari rekanku yang selalu mengirimiku televisi bekas yang rusak tentunya untuk diperbaiki, karena beliau seorang bandar yaitu berprofesi sebagai penjual televisi. Tv ini dengan merk Polytron dimana kerusakannya yaitu gambar ada tapi tidak keluar warna hanya pada siaran televisinya saja sedangkan pada AV bila di tes dengan Dvd gambar normal, jadi kesimpulannya gambar terlihat hitam putih hanya pada siaran tvnya tapi untuk suara normal tidak ada keluhan, tapi setelah saya perhatikan dengan cara menyalakan tv ini beberapa menit ternyata gambar mulai keluar warna secara normal.


Polytron gambar tidak keluar warna
Polytron tidak keluar warna


Melihat gejala tersebut saya beranggapan kerusakan ada pada kebocoran elco, karena biasanya bila elko yang sudah mulai rusak akan menyebabkan masalah/kerusakan yang sementara apabila pesawat televisi mulai dinyalakan, tapi akan menjadi normal bila sudah dinyalakan dalam waktu tertentu.

Setelah berpikir demikian langkah yang saya lakukan adalah membuka casing penutup kemudian membersihkan debu yang banyak menempel pada mainboard, setelah dirasa cukup maka pemeriksaan berlanjut pada titik solderan yang sudah banyak yang kendor dan langsung menyolder ulangnya, setelah selesai penyolderan saya coba nyalakan tvnya dengan harapan tv akan jadi normal, dan ternyata memang benar setelah saya on-kan gambar tvpun keluar warna.

Wah berarti kerusakan bukan pada elkonya yang sudah lemah hanya pada patriannya saja. Sekarang waktunya untuk menutup tvnya dan berharap dapat bayaran, setelah selesai menutupnya saya coba nyalakan kembali untuk mengetesnya dan alangkah terkejutnya yang ternyata penyakitnya kambuh lagi, tanpa pikir panjang saya bongkar kembali tvnya dan langsung periksa semua elco menggunakan ESR meter dan hasilnya semua elko yang saya periksa masih pada waras, sambil memperhatikan semua komponen saya merenung apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan?

Dapat ide, kemungkinan pada mainboard kena panas saat penyolderan tadi yang menyebabkan tv jadi normal, dan akan kambuh kembali ketika sudah mulai dingin, dengan kejadian itu saya langsung ambil keputusan untuk memanaskan mainboar/mesin tv pakai Hot Air dengan pengaturan suhu panas paling rendah dan setelan udara hampir maksimal, setelah dirasa mainboard sudah cukup hangat kemudian saatnya untuk mencoba menyalakan tv yang ternyata benar saja tv jadi normal lagi. Akhirnya saya berkesimpulan kerusakan tv polytron tidak keluar warna ini disebabkan adanya lembab pada mainboard, langkah yang biasa saya lakukan bila tv mengalami lembab maka saya akan melepaskan mesin tv dan mencucinya dengan air detergen menggunakan koas, lantas mengeringkannya dibawah sinar matahari.

Setelah pengeringan selesai saya pasang kembali mesin tv pada unit tv dan mencoba menyalakannya dan akhirnya tv normal baik dalam keadaan sudah panas atau masih dingin.

Kesimpulan dari tulisan ini yaitu tidak semua kerusakan tv diakibatkan dari kerusakan sparepart atau komponennya saja.

Sekian tentang artikel Polytron Tidak Keluar Warna semoga bisa bermanfaat.

Artikel terkait :

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.