Saturday 15 March 2014

Tv China Merk Ichiko Mati Total

Selamat malam, kali ini ndenservis.com akan memposting dengan judul Tv Cina Merek Ichiko Mati Total, televisi ini berukuran 21' ultra slim.

Kata yang punya tv ini pernah diperbaiki oleh montir lain yang datang kerumah pemilik dan mainboard/mesinnya sempat dibawa oleh montir tersebut tapi tidak sampai beres alias tv masih tetap dalam keadaan matot dengan alasan ada sparepart yang harus dibeli. He he

Ok langsung saja pada pembahasannya. 
Setelah naik ke meja kerja, langsung saja saya bongkar dan tampak mesin masih bersih tidak banyak debu, mungkin karena ini tv masih terbilang baru dan mungkin sudah dibersihkan oleh servis lain.

TV cina merk Ichiko mati total
Mesin Tv Ichiko 21 u-Slim setelah Perbaikan
Setelah diperhatikan mainboard dari atas dan dari bawah sepertinya sudah ada penggantian beberapa komponen pada blok power supply atau regulator diantaranya transistor regulator D5038, Tr C3807 dan sikring atau fuse yang tampak sudah putus, dengan putusnya sikring ini sudah dipastikan kerusakan berada pada blok regulator, dan saya coba ukur kedua Tr tersebut yang sudah tampak di ganti ternyata memang short, berarti jika saya ganti lagi komponen tersebut ada kemungkinan akan mengalami lagi hal serupa yaitu short atau rusaknya komponen tersebut, pencarian kerusakan pun berlanjut pada area regulator sekunder dan pada blok horizontal dan didapatilah dioda untuk penyearah tegangan B+ dan tr horizontal tampak terukur short.

Nah inilah penyebabnya tr regulator akan terus mengalami short, dan setelah saya ukur-ukur lagi tidak ada komponen yang rusak tiba saatnya untuk mengganti kelima komponen tersebut di tambah dua elko regulator sekunder , dan setelah penggantian selesai tiba saatnya untuk mencoba menyalakan televisi, colokan steker listrik, tekan tombol power pada remote dan akhirnya tv pun menyala dengan sempurna....
Alhamdulillah akhirnya beres juga kirain akan terjadi pertempuran sengit.... He he

Sekian pengalaman saya tentang Tv China merk Ichiko mati total hari ini, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua pembaca blog ini.


Artikel terkait :

3 comments:

  1. Anonymous00:01

    siiip...

    ReplyDelete
  2. Ane pernah coba tuh gan,awalnya TV ane gambarnya sebelah alias separo heheh
    Trus ane mencoba Pinter sendiri ceritanya ane bongkar tuh TV,ada beberapa komponen yang ane ganti,Dan ternyAta alkhmdllh yang tadinya TV ane cuma sebelah gambarnya sekarang JD matot alias mati total.hehehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.