Sunday 9 March 2014

Tv Samsung Pseudo Strereo Mati Total

Selamat malam buat rekan-rekan semua, kali ini ndenservis.com ingin berbagi pengalaman dari yang saya dapatkan atas pekerjaan sehari-hariku sebagai servis televisi. Kali ini saya akan menuliskan tentang kerusakan Tv Samsung Pseudo Strereo Mati Total.

Pada hari kemarin dapat servisan yaitu datang tv samsung 15 inch dimana kerusakannya mati total atau matot bahkan lampu led tv samsung ini pun tidak menyala sama sekali, langsung saja saya bongkar dan membersihkan debunya sambil mengamati barangkali ada komponen/sparepart yang hangus atau  gosong, dan ternyata semuanya tidak ada tanda-tanda terjadi pembakaran baik biasa atau secara tragis, intinya komponen dalam keadaan baik jika di analisa secara visualisasi.

Setelah pembersihan debu selesai, langsung saja tvnya saya naikan ke meja operasi untuk dilakukan penganalisaan dan pengukuran tegangan dan komponennya, dan saya coba nyalakan dengan menyolokan steker ke listrik, dan dengan mengukur tegangan yang ada pada elco yang bervoltase 400 volt yang ternyata hasilnya 0 volt yang terukur pada avometer, kemudian saya cabut stekernya dan coba melihat fuse/sikring dan ternyata putus, nah.... ini dia biang keladinya, tapi sebelum penggantian saya coba cari penyebab  putusnya sikring ini yaitu dengan cara mengukur pada kaki elco tegangan tinggi 220.400v ternyata jarum Avometer melesat yang berarti terjadi short pada bagian regulator tv ini, langkah selanjutnya saya cabut ic regulator dengan type KA5Q0765RT dan coba ukur lagi pada kaki elco tadi yang ternyata sudah tidak short lagi dengan tidak bergeraknya jarum Avometer.

Setelah ukur sana-sini akhirnya berkesimpulan bahwa yang rusak hanya fuse dan Ic regulatornya, dan coba saya ganti dengan yang baru.
Setelah penggantian kedua pemain tersebut selesai sekarang tiba saatnya untuk mencoba menyalakan tvnya, setelah dicoba dan akhirnya lampu ledpun menyala kemudian padam dan nyala lagi, selanjutnya saya tekan power pada remote tv dan alhamdulillah..... tv pun star dengan selamat dan B+ terukur normal 125 volt.

Nah sekian pengalaman dari hasil bongkar Tv Samsung Pseudo Strereo ini yang mati total semoga ada manfaatnya.....!

Artikel terkait:

2 comments:

  1. Alhamdulillah dapet info yang saya cari.
    makasih nih atas infornya bung.
    semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sama2.
      Amien...
      trimakasih kunjungannya.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.