Sunday 18 May 2014

Tv Polytron Minimax Mati Standby dengan Led Berkedip

Tv Polytron Minimax Mati Standby. Tv Polytron Minimax Hyperband Mati Standby dengan lampu led indikator berkedip-kedip. Tv ini datang sore-sore hampir magrib dalam keadaan tv mati total tidak ada gambar maupun suara hanya lampu led indikatornya saja yang kelap-kelip sambil bunyi krak-krek krak-krek saja.

Kata pemilik tv ini katanya terdengar ledakan pada tv saat ditonton dan langsung mematikannya, yang pada saat itu ditempat tinggalnya kena tegangan tinggi dari listrik PLN sekitar 4 atau 5 bulanan yang lalu dan sama juga menimpa pada beberapa kampung disekitar tempat tinggal saya termasuk kampung saya sendiri, pada saat itu lebih dari 30 televisi di kampungku yang kena imbasnya dan memenuhi rumah saya pada saat setelah kejadian tersebut untuk diservis, dimana pada saat itu tegangan listrik PLN yang seharusnya pada tegangan normal 220V menjadi 330V yang mengakibatkan kerusakan pada alat-alat elektronik rumah tangga diantaranya televisi dan termasuk Tv Polytron Minimax ini.

Karena Penasaran setelah listrik PLN normal 220V kembali, katanya tv ini dicoba dinyalakan dan ternyata tv bisa menyala dengan normal sampai akhirnya sekarang tv mati standby dan hanya lampu indikatornya saja yang berkedip-kedip dan tidak bisa dinyalakan walaupun dipijit atau ditekan tombol program pada tv ataupun tombol power pada remot.

Setelah punya keterangan dari pemilik, saya telah menduga kerusakan yang diakibatkan dari melonjaknya tegangan listrik PLN akan mengakibatkan kerusakan dan meledaknya elco bagian power supply yang bernilai 150.400V, dan setelah tv dibuka memang benar elco tersebut kelihatan mengembung dan mengelupas pada pembungkusnya karena kelebihan tegangan, tanpa pikir panjang saya langsung menggantinya dengan elco yang baru.

http://rifafaelectronic.blogspot.com/2014/05/tv-polytron-minimax-mati-standby-led-berkedip.html

Setelah penggantian elco tersebut saya coba nyalakan tv-nya, tapi hasilnya sungguh mengecewakan karena tv reaksinya tidak berubah masih tetap dalam kondisi mati standby lampu led berkedip. Selanjutnya saya coba cek tegangan B+ yang seharusnya 115 volt ternyata tegangan drop hanya sekitar 60 volt saja itupun turun naik seirama dengan kedipan lampu indikator tv, saya coba cek komponen-komponen sekitar regulator sekunder seperti elco, dioda, kapasitor dan transistor Horizontal outputnya dan hasil dari pengukuran semua yang diukur ternyata baik-baik saja dan tidak terlihat mencurigakan.

Dari pada bingung, saya coba ganti saja beberapa elco berikut dioda tersebut, dan setelah tv dicoba dinyalakan tv tetap saja tidak berubah masih dalam kerusakan yang sama. Puyeng juga akhirnya, dari magrib sampai malam tiba penyakitnya masih juga belum ditemukan, dan akhirnya saya putuskan untuk menunda pekerjaan ini hingga esok hari.

Karena penasaran dengan kasus tv ini yang biasanya jika kasus lampu led berkedip ini tidak lama dalam pengerjaannya, akhirnya saya buka laptop untuk melakukan searching di dunia maya sambil bertanya ke mbah google dengan kata kunci "Tv Polytron Mati Standby dengan Lampu Led Berkedip", dan menemukan beberapa blog memberikan solusinya yang hampir sama yaitu mengganti elco.

Keesokannya saya coba praktekan hasil bertanya dari mbah google dan hasilnyapun tetap sama tv mati masih standby, tambah puyeng kepala.... gak putusasa sampai disini saya coba lagi browsing buka internet yang akhirnya menemukan solusi bahwa kerusakan seperti ini akibat dari short FBT (Flyback). Saking penasaran saya coba ganti Flyback-nya type BSC59G1 , dan setelah saya cari ternyata saya tidak memiliki type ini dan katanya type ini cukup sulit didapat, yang akhirnya saya ganti dengan Flyback FCB-20B061N yang sama-sama flyback untuk tv Polytron yang kebetulan punya stok satu biji.

Setelah pemasangan saya coba nyalakan tvnya, dan craaak tv pun menyala tanpa led berkedip tapi masih ada kendala yaitu raster hanya putih polos saja. Dan ini akibat dari kurangnya tegangan 185 volt untuk tegangan RGB dan pada Flyback FCB-20B061N ini kita harus merubahnya sedikit yaitu dengan cara memindahkan resistor untuk tegangan 185V dari semula ke pin 5 FBT, sekarang tukar ke pin 4 FBT atau sebaliknya. Dan akhirnya tv menyala dengan sempurna dan tinggal tunggu bayaran saja.

Sekian postingan kali ini tentang Cara Mengatasi Tv Polytron Minimax Mati Standby, semoga bermanfaat.



Artikel Lainnya:

2 comments:

  1. min apax rusak law ledx berkedip aq pnx polytron slim gmna solusix it2 min

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan seperti itu bisa aja FBT, vertikal, atau memory error

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar anda! Harap jangan komentar spam dan mencantumkan Link hidup pada komentar. Komentar yang menyertakan Link hidup/aktif dan Broken link, maaf akan saya hapus.